BEGINI, TIPS MEMILIH BAHAN BAJU GAMIS YANG NYAMAN DIPAKAI SEHARI-HARI
Beberapa waktu lalu sepulang dari undangan pesta pernikahan, Ibu saya mengeluh kepanasan karena pakaian yang dipakainya kurang nyaman. Baru saya tau kalau Ibu memakai baju gamis yang pernah saya berikan. Sepertinya gamis tersebut bahannya nggak cocok buat dipakai bepergian, terlebih di siang hari. Kebayang panasnya deh, saya juga pasti nggak akan kuat. Baju gamis merupakan busana muslimah sederhana yang panjang dan longgar menutupi dari bagian dada sampai dengan mata kaki. Saya sendiri memang jarang mengenakan gamis sih, tetapi saya punya beberapa. Dan taukah kamu kalau gamis saat ini semakin populer di kalangan muslimah? Gamis sekarang udah nggak kuno lho, model-model baju gamis wanita terbaru pun udah bermacam-macam, mulai dari yang polos, berwarna-warni, hingga yang bercorak. Gamis nggak hanya dipakai untuk bepergian untuk menghadiri acara formal aja, sekarang gamis juga dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Perkembangan gamis di Indonesia jadi semakin pesat. Karena sekarang warna dan corak gamis ini udah banyak banget pilihannya, kadang saya lupa dan tergiur untuk memilih yang modelnya cantik aja. Padahal kenyamanan itu adalah salah satu faktor utama untuk memilih baju gamis. Sejak dari situ, saya mulai memilih jenis bahan apa aja yang cocok untuk baju gamis agar tetap nyaman dan tidak panas di iklim tropis Indonesia yang cenderung panas dan lembap ini. Yang terpenting itu bahannya tidak panas / adem, lembut, dan gampang menyerap keringat. Dan bahan-bahan dibawah ini sangat cocok untuk dijadikan bahan gamis wanita terbaru: 1. Bahan Jersey Bahan ini adalah bahan yang sedang populer saat ini, dan sering dipakai oleh desainer untuk membuat baju gamis. Bahan jersey memang cukup lembut karena terbuat dari serat kapas dan dicampur dengan bahan karet dan plastik yang bersifat adem, bahannya mudah menyerap keringat, agak mengkilap dan jatuh banget. Saat ini banyak sekali model gamis wanita terbaru berbahan jersey, ditambah banyak penambahan-penambahan renda dan brokat dibagian tertentu membuat gamis berbahan jersey banyak diminati oleh muslimah berbagai kalangan usia. 2. Bahan Ceruti & Siffon Saya lumayan familiar dengan bahan ceruti dan siffon, bahkan saya punya beberapa hijab dari kedua bahan ini. Karena bahan ini hampir sama, agak sulit membedakan mana yang ceruti dan siffon. Ternyata yang membedakannya adalah bahan ceruti lebih lembut dan lebih mudah dibentuk dibandingkan dengan siffon. Sedangkan untuk siffon sendiri cenderung lebih licin dan ketika dilipat terlihat kaku. Kedua bahan ini banyak dijadikan sebagai bahan gamis karena memberikan tampilan yang indah. Ini disebabkan oleh bahan ceruti yang punya banyak warna pastel yang menarik, dan bahan siffon yang punya motif beragam. Mengingat bahannya tipis banget, biasanya kedua bahan ini dilapisi furing didalamnya. 3. Bahan Katun Bahan katun yang berasal dari Cotton (kapas) ini teksturnya halus, lembut, dan tidak panas sehingga nyaman untuk dipakai berlama-lama. Bahan ini juga jadi favortnya pengguna gamis lho. Mungkin karena keistimewaannya yang nggak mudah kusut saat dicuci dan adem ketika dikenakan. 4. Bahan Kaos Bahan kaos ini juga dikenal dengan bahan spandek atau lycra. Saya sering menemukan bahan ini menjadi bahan utama baju renang. Biasanya baju gamis bahan ini menggandung katun sutera, bahan sintetis, atau polyester. Bahannya sangat lentur, elastis, ringan, dicuci lebih cepat kering dan cepat menyerap keringat. Cocok banget kan dipakai jadi bahan gamis sehari-hari? 5. Bahan Wolfis Kalau bahan yang satu ini merupakan bahan yang tebal, udah dipastikan nggak akan menerawang. Bahan wolfis memiliki warna-warna netral, model-model yang simple, yang cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Walaupun tebal, bahan wolfis ini sangat nyaman dan adem. Jadi tau dong sekarang, bukan hanya pilih pasangan aja yang harus bikin nyaman, pilih bahan baju gamis juga. Jangan salah pilih lagi ya. 😂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *